Selasa, 11 Oktober 2016

ANIME TERBAIK VERSI SINGLE FIGHTER

Tentunya agan-agan,saudara-saudari,ladies and gentleman para animelovers sekalian, sudah pada tahu tentang anime-anime populer seperti Dragon Ball, Detective Conan, One Piece,dll, yang memiliki ratusan episode setiap seasonnya. Tapi tahukah anda sekalian, bahwan setiap musim selalu keluar anime-anime yang memiliki jumlah episode cukup sedikit, namun tidak kalah seru dari anime-anime tersebut. Maka kali  ini, guna membimbing anda sekalian kejalan otaku, saya akan mengulas tentang 10 anime series pendek terbaik versi Single Fighter.

10. Neon Genesis Evangelion

 

Anime ini sudah agak lawas, namun masih memiliki tempat tersendiri di hati penyukanya, terlebih manganya sendiri sampai sekarang belum tamat sehinga banyak yang masih menunggu kelanjutan versi movienya yang merupakan semacam rangkuman anime seriesnya terdahulu namun lebih dikembangkan.

Anime bergenre mecha ini dikatakan memiliki cerita sekelas film Hollywood, dikarenakan mengusung tema yang tidak biasa yaitu manusia berusaha mencegah kiamat dengan bertarung melawan Angel, yang salah satunya adalah " Adam " yang dipercaya sebagai manusia pertama di bumi.

Score : AA

9. Tokyo Ghoul



Jangan kaget atau bosan melihat season 1 anime ini, sang protagonisnya begitu lemah, karena di penghujung cerita, sang protagonis berubah menjadi Bad-ass.

Tokyo Ghoul berkisah tentang zaman di mana manusia bukanlah rantai makanan tertingi di bumi melainkan sebuah spesies mirip dengan manusia namun juga mirip seperti monster bernama Ghoul yang paling banyak di temukan di kota Tokyo.

Suatu hari seorang pemuda bernama Ken Kaneki berkencan dengan seorang kenalan barunya yang bernama Rize, seorang pecinta buku yang sangat cantik. Namun siapa sangka di tengah jalan Rize berubah menjadi beringas dan berusaha memakan Kaneki dikarenakan ia adalah seoranng ghoul. Namun untunglah sebuah kecelakaan terjadi dan mengakibatkan Rize tewas, meskipun Kaneki terluka parah sehingga Kaneki harus menerima transplantasi organ tubuh dari mayat Rize. Dan di situlah cerita ini bermulai, di mana Kaneki menjadi seseorang yang berada di ambang batas antara manusia dan ghoul.

Score : AA

8. Sword Art Online


Anime yang satu ini mungkin sudah pada tahu. . . yup Swort Art Online. Anime yang begitu digandrungi sejak kemunculan pertamanya.

Anime ini berkisah tentang 10.000 anak terperangkap di sebuah game, dimana apabila mereka mati dalam game tersebut maka mereka juga akan mati di dunia nyata, dan mereka juga tidak akan bisa keluar apabila salah satu dari  mereka tidak ada yang berhasil menyelesaikan game tersebut, sehingga mereka harus terus berusaha bertahan hidup di dalam game tersebut, sampai salah seorang di antaranya ada yang sanggup menyelesaikan permainan.

Dan di saat semua orang berusaha bertahan hidup berkelompok, ada seorang ahli pedang memilih bermain solo dan menjadi pemain solo terbaik dengan julukan beater(beta-cheater) bernama Kirito.

Score : AA

7. True Tears


Jika mencari anime romance bercerita persaingan cinta saling tikung menikung hingga akhir dan sulit di tebak, anime ini adalah pilihan yang tepat.

Sesuai judulnya anime ini cukup sedih. Bercerita tentang anak bernama seorang anak bernama Shinichiro yang menyukai seorang gadis bernama Hiromi yang sudah 1 tahun tinggal di rumahnya namun ia tidak sanggup mengungkapkan perasaannya, belum lagi bermunculan masalah terjadi di antara mereka berdua.

Hiromi pandai berolahraga dan banyak disukai, tapi Shinichiro tahu, bahwa di dalam diri Hiromi selalu ada air mata.

Score  : S

6. Ballroom e Youkuso


Mungkin tema anime ini terdengar kebanci-bancian dan kurang menarik, jadi wajar anime yang bergenre sport ini agak memprihatinkan karena kurang jadi bahan perbincangan, tapi ketika kita sudah mencoba menonton episode pertamanya, kita akan langsung dibuat merinding oleh jalan ceritanya yang begitu from zero to hero.

Fujita Tatara adalah seorang anak sekolah menengah tanpa tujuan dan gairah hidup. Tidak memiliki teman atau sesuatu yang ingin dilakukan.
Suatu hari ia diganggu oleh sekelompok preman, lalu kemudian di tolong oleh seorang laki-laki. Laki-laki itu membuat Fujita kagum lalu akhirnya mengikutinya dan ternyata akhirnya membuat kakinya menginjakan kaki ke dunia tari yang kompetitif.

Score : S+

 5. Shokugeki No Soma 


Anime yang begitu spectakular di tahun 2015 ini mengangkat tema yang agak unik yaitu memasak.

Shokugeki No Soma bercerita tentang seorang anak bernama Yukihira Soma yang sebelumnya hanya anak dari pemilik kedai kecil biasa. Soma selalu memasak di belakang bayang-bayang ayahnya, karena ia merasa tidak ada anak lain seumuran dengannya yang mampu menandingi keahlian memasaknya, namun pemikiran itu berubah ketika ia dimasukan oleh ayahnya ke sebuah sekolah memasak elit bertaraf intrnasional, di mana memasak adalah segalanya, yaitu Akademi Tootsuki.

Di balut dengan sedikit ecchi, serta keseruan dalam pertarungan adu memasak anime ini sangatlah seru.

Score  : SS+

4. Fate Series

 

Saya rasa udah banyak yang mengerti kenapa anime ini saya masukan peringkat empat besar.

Dalam hal art, mungkin ini adalah anime terbaik terbaik yang penah ada, di balut dengan action yang luar biasa dan jalan cerita yang menarik.

Sejauh ini anime ini sudah mengeluarkan beberapa versi yang memiliki route/universal yang berbeda dan bahkan satupun belum ada yang benar-benar menceritakan versi asli dari cerita anime ini.

Secara garis besar, anime ini kebanyakan berkisah tentang seorang anak bernama Emiya Shirou, dimana 10 tahun yang lalu, ia mengalami sebuah inseden yaitu kota tempat tinggalnya habis di makan kebakaran besar, untungnya ia diselamatkan oleh seorang penyihir hebat bernama Emiya Khiritsugu yang kemudian menjadi ayah angkat Shirou, dan membuatnya sangat mengagumi ayah angkatnya tersebut sehingga ingin menjadi pahlawan keadilan seperti ayahnya.

Bersama dengan servant/partnernya Arthuria Pendragon, Shirou berusaha memenangkan perang cawan suci, pertarungan antara 7 master dan 7 servant yang juga merupakan penyebab kebarakan di tempat tinggalnya 10 tahun yang lalu sambil membawa idialisme pahlawan keadilan yang di wariskan oleh ayahnya.

Score : SS+

3. Chihayafuru

 

Di peringkat ketiga ada anime yang mengusung premise yang lain dari pada yang lain yaitu permainan karuta ( permainan kartu traditional jepang ) .

Anime ini berkisah seputar perjalanan hidup seorang gadis bernama Chihaya Ayase yang memiliki seorang sahabat bernama Mashima Taichi. Saat mereka duduk di kelas 6 SD, mereka bertemu dengan seorang anak pindahan yang merupakan seorang pemain karuta jenius dan cucu dari Master Abadi permainan karuta, bernama Wataya Arata.

Sejak saat itulah kehidupan Chihaya berubah, ia terobsesi dengan permainan karuta dan bermimpi memenangkan kejuaraan nasional karuta dan memiliki gelar Queen.

Sebenarnya permainan karuta dalam anime ini sulit di mengerti, namun dengan jalan cerita yang seru dan sulit di tebak, membuat anime ini begitu menegangkan di setiap episode, di tambah dengan soudtrack yang keren dan membawa semangat, anime ini sangat sayang untuk di lewatkan.

Score : SS+

2. Shigatsu Wa Kimi no Uso ( Kebohonganmu di bulan April )



Shigatsu Wa Kimi no Uso bercerita tentang seorang pianist jenius bernama Arima Kousei, yang memilliki permainan piano begitu sempurna tanpa cacat, bagaikan cermin yang memantulkan setiap nada yang ada, membuatnya mendominasi banyak penghargaan bahkan sampai ke taraf international sejak ia masih kecil dan membuat namannya menjadi terkenal di kalangan musisi cilik. Namun pada saat ia berumur 11 tahun, ibunya yang telah mengajarinya bermain piano meninggal lalu membuatnya kehilangan pendengarannya terhadap  piano. Trauma akan hal itu, iapun meninggalkan karirnya.

Barulah pada musim semi di usianya menginjak 14 tahun ia bertemu seorang pemain biola berbakat namun tidak pernah mengikuti paritur dan selalu bermain bebas sesuai kata hatinya bernama Miyazono Kaori, dan hidup Arima berubah sejak hari itu. . .

Saya memberi saran siapkanlah camilan, minuman dan tisu yang banyak ketika menonton anime ini. Pada anime ini lengkap, terdapat komedi yang segar, music dan adegan yang membuat merinding terpukau, serta kesedihan yang menusuk jantung.

Score : SS+


1. Steins Gate


Mungkin jika dibandingkan dengan anime-anime lain, belum terlalu banyak yang mengetahui anime yang satu ini. Lalu kenapa justru saya tempatkan di peringkat pertama ? Karena bagi saya anime ini adalah anime terbaik sepanjang masa.

Yang membuat anime ini jauh melampaui anime-anime lain yang bahkan memiliki puluhan atau bahkan ratusan episode adalah, anime ini memiliki tema yang sangat cerdas, memiliki unsur humor yang kuat, ditambah kisah cinta yang mengharukan, membuat semua elemen di dalam anime ini sangatlah komplit dan sempurna.

Anime ini sangatlah epic dengan alur cerita yang hebat. Sejak episode pertama, anime ini memberikan 1001 pertanyaan di kepala penonton, namun tetap saja selalu muncul plot twist hampir di setiap episode. Bahkan pada akhir cerita, setelah sang protagonis sudah berjuang sangat keras, mencoba merelakan sesuatu, dan berpikir semuanya telah usai, kembali muncul masalah yang lebih sulit lagi.

Pada anime ini kita  juga akan melihat, sepasang ilmuan jenius yang selalu menjaga, mencintai dan  mendukung satu sama lain.

Steins Gate bercerita tentang seorang ilmuan jenius gila bernama Okabe Rintaro. Pada suatu hari Okabe bertemu dengan seorang ilmuan jenius lainnya bernama Kurisu Makise, yang mengatakan sudah bertemu Okabe 15 menit yang lalu, padahal Okabe yakin sekali ia baru pertama kali bertemu dengannya. Tidak lama kemudian setelah mendengar suara teriakan, Okabe melihat mayat Kurisu tergelak berlumuran darah. Karena panik, iapun langsung mengirim pesan kepada Daru sahabatnya, namun kemudian keadaan sekitarnya berubah, dan yang terjadi sebelumnya seolah tidak pernah terjadi. Barulah beberapa hari kemudian ia menyadari bahwa ponselnya yang terhubung ke sebuah microwave, dapat mengirimkan pesan ke masa lalu.

Ending anime ini sangatlah luar biasa, ketika semuanya mulai terhubung, dan segala misteri terpecahkan. Dan episode OVA dan movie anime ini, semakin melengkapi semuanya.

Score  SSS

BONUS :

KUROKO NO BASKET


Menurut saya pribadi anime sport yang satu ini tidak kalah seru dengan Haikyu.

Kuroko no Basket bercerita tentang sebuah SMP yang menjadi tempat berkumpulnya pemain basket yang masing-masing dari mereka memiliki bakat yang konon belum tentu muncul sekali dalam sepuluh tahun sehingga mereka di juluki " Kiseki no Sedai ( Generasi Keajaiban ) " . Belum lagi mereka memiliki seorang manager jenius yang mampu menganalisa setiap data dari pemain lawan dengan sangat hebat, sehingga dengan mudahnya mereka mampu menjuarai kejuaraan nasional 3x bertuturut-turut tanpa terkalahkan, mereka adalah Akademi Taikou.

Tapi tanpa banyak yang tahu dan sama sekali tidak ada dalam catatan pertandingan, bahwa masih ada satu orang lagi yang di akui sebagai bagian dari mereka, ia adalah anggota Kiseki no Sedai bayangan ke 6, bernama Kuroko Tetsuya.


Sekian 10 anime terbaik versi Single Fighter, semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ANIME SPORT TERBAIK

Olahraga adalah sebuah kegiatan dengan tujuan untuk kesenangan maupun mencari prestasi sejak zaman romawi kuno. Oleh karena itu tidak aneh...